Thursday, June 5, 2014

Aplikasi Mobile

       Aplikasi berasal dari kata application yang artinya penerapan; lamaran; penggunaan. Aplikasi adalah perangkat lunak komputer yang dapat memberikan intruksi khusus dalam komputer yang dirancang agar seseorang dapat menyelesaikan tugas-tugas yang diinginkan oleh pengguna. Contoh Aplikasi adalah pengolah katalembar kerja, dan pemutar media. Beberapa aplikasi yang digabung bersama menjadi suatu paket disebut sebagai  paket atau suite aplikasi (application suite). Contohnya adalah Microsoft Office  dan OpenOffice.org.
Kata mobile mempunyai arti bergerak atau berpindah, sehingga diperoleh pengertian bahwa aplikasi mobile merupakan aplikasi yang dapat dijalankan walaupun pengguna berpindah dari satu tempat ketempat lainnya tanpa terjadi pemutusan komunikasi. Aplikasi ini dapat diakses melalui perangkat nirkabel seperti telepon seluler dan PDA.
Perangkat mobile memiliki banyak jenis, dalam hal ukuran, desain dan layout, tetapi memiliki kesamaan karakteristik yang sangat berbeda dari sistem dekstop :
1.      Ukuran yang kecil
Perangkat mobile memiliki ukuran yang kecil. Konsumen menginginkan perangkat yang terkecil untuk kenyamanan dan mobilitas.
2.      Memory yang terbatas
Perangkat mobile juga memiliki memory yang kecil, yaitu primary (RAM) dan secondary (disk).
3.      Daya proses yang terbatas
Sistem mobile tidak setangguh desktop. Ukuran teknologi dan biaya adalah beberapa faktor yang mempengaruhi status dari sumber daya ini. Seperti hardisk dan RAM yang dapat ditemukan dalam ukuran yang pas dengan sebuah kemasan kecil.
4.      Mengkonsumsi daya yang rendah
Perangkat mobile menghabiskan sedikit daya dibandingkan dengan mesin desktop. Perangkat ini harus menghemat daya karena berjalan pada keadaan dimana daya yang disediakan dibatasi oleh baterai-baterai.
5.      Kuat dan dapat diandalkan
Karena perangkat mobile selalu dibawa kemana saja, maka perangkat tersebut haruslah cukup kuat untuk menghadapi benturan-benturan, gerakan, dan sesekali tetesan-tetesan air.
6.      Konektivitas yang terbatas
Perangkat mobile memiliki bandwith rendah, beberapa diantaranya bahkan tidak tersambung karena kebanyakan diantaranya menggunakan koneksi wireless.
7.      Masa hidup yang pendek
Perangkat konsumen ini dapat menyala dalam hitungan detik, sehingga menyebabkan perangkat tersebut memiliki masa hidup yang pendek.




No comments:

Post a Comment