Thursday, June 5, 2014

CSS

Cascading Style Sheet (CSS) adalah suatu struktur bahasa yang berfungsi untuk mengendalikan beberapa komponen halaman web yang tersusun. Dengan menggunakan penyusunan format bahasa CSS, desain layout website dapat dibuat dan disesuaikan dengan desain dan fungsinya, contoh penggunaan format bahasa CSS seperti bentuk huruf, pembuatan tabel, warna, background, garis, ukuran gambar, hyperlink, paragraf, teks, dsb sehingga memungkinkan website atau blog dapat ditampilkan format halaman yang sama dengan format yang berbeda.
Fungsi dari CSS adalah mempercantik halaman website atau blog dengan membentuk format HTML atau XTML, sehingga data atau format HTML sebagai isi dari konten dapat ditampilkan dengan beragam sesuai dengan desain yang diinginkan. Untuk menampilkan desain layout yang bagus, fungsi CSS sangat berperan penting bagi web designer.
CSS pertama kali direkomendasikan oleh World Wide Web Consortium  (W3C) pada tahun 1996 sebagai salah satu teknologi internet dan website. Oleh organisasi W3C tsb, format bahasa CSS distandarisasikan untuk dapat ditampilkan pada browser. Sampai dengan saat ini, W3C sudah merilis standarisasi sampai dengan 3 versi, yaitu :
1.      CSS1
CSS1 menitikberatkan pemformatan pada dokumen HTML. CSS1 hanya bisa menampilkan halaman desain layout  website  yang sangat sederhana. CSS1 mendukung beberapa pengaturan seperti :
·         Jenis font dan Ketebalan Font.
·         Warna, background, dan teks.
·         Posisi teks, gambar, dan lainnya.
·         Margin, border, dan padding.
2.      CSS2
Pertengahan tahun 1998, W3C kembali mengembangkan CSS1 menjadi CSS2. CSS2 pengembangannya berfokus pada dokumen media agar mampu tampil dalam web. CSS2 memiliki fitur baru yang mendukung pemformatan :
·         Posisi Konten,
·         Layout tabel,
·         Media tipe printer.
3.      CSS3
CSS3 menitikberatkan pada pemformatan dokumen yang dapat mendukung banyak hal dalam desain layout website dan CSS3 hadir dengan performat yang lebih baik dari versi-versi sebelumnya. CSS3 memiliki fitur baru, antara lain :
·         Animasi,
·         Multiple background,
·         Border-radius,
·         Drop shadow,
·         Border image.



No comments:

Post a Comment